Jual Beli Komputer Bekas, Kiat Sukses dan Rintangan di Depannya

Ada banyak cara untuk bisa membuka usaha ketika Anda berkutat di bidang teknologi. Salah satu dari bisnis tersebut adalah dengan jual beli komputer bekas. Pada intinya, di dalam bisnis ini Anda bisa menjual berbagai macam perangkat komputer yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Meski dengan nilai jual yang tak setinggi nilai yang baru, ada keuntungan sendiri dalam bisnis ini yang perlu diperhatikan.

Kenapa komputer bekas? Hal ini karena bagi banyak orang Indonesia, komputer masih merupakan barang yang dianggap luxury atau barang mewah. Bagi sebagian orang tersebut, harga baru dari perangkat-perangkat komputer terlalu mahal. Tingginya harga ini membuat mereka kesulitan dalam menemukan perangkat yang akan bisa dipakai. Namun dengan harga yang dimiliki komputer bekas, maka soal harga “terlalu mahal” bisa dihindari.

Baca juga : Acer One 10, Laptop Tablet Paling Terjangkau

Lagipula, dengan semakin cepatnya perkembangan teknologi sekarang ini, orang-orang biasanya akan harus terburu-buru dalam mengikutinya. Sementara dengan Anda menjual barang-barang bekas, Anda cenderung lebih bebas. Lagipula, ada banyak orang yang dengan cepat mengganti komponen komputernya dengan yang lebih baru, dan menyingkirkan yang lama. Padahal, komponen dari komputer tersebut masih terhitung baru dan masih mampu menangani banyak proses.

Langkah Mudah Memulai Usaha Jual Beli Komputer Bekas

Jika Anda ingin bisa sukses dalam melakukan usaha jual beli komputer bekas tersebut, perhatikan hal berikut ini:

  1. Perdalam pengetahuan tentang komputer

Tentunya lucu dan aneh kalau Anda tak kenal dengan barang Anda jual sendiri. Makanya, ketahui apa saja perangkat-perangkat di luar dalam komputer, aksesoris ekstra, apa saja fungsi dari tiap bagian, harga pasaran, alternatif merk atau perangkat, dll.

  1. Pemasok yang bagus

Ini juga merupakan kunci dari sukses tidaknya jualan Anda tersebut. Jika Anda mendapatkan pemasok perangkat komputer bekas yang bisa diandalkan, memiliki stok yang terus bertambah, dan selalu menyediakan banyak barang baru dan lama di pasaran, maka Anda bisa terus menggunakannya.

  1. Tahu cara promosi

Sekarang ini internet adalah tempat yang paling luar biasa karena luasnya. Anda yang berpikir untuk menjadi pengusaha sukses harus bisa melakukan promosi dengan endorsement, atau dengan dari mulut ke mulut. Ikut pameran jika Anda perlu.

Meskipun begitu, tetap saja ada kendala yang akan membuat tips di atas sulit dilakukan. Misalnya saja:

  1. Perangkat komputer bermasalah

Ternyata Anda mendapatkan perangkat yang memang sudah bermasalah lebih dahulu, dan tidak ada yang bisa memperbaikinya. Baik cacat secara fisik atau di bagian dalam, penting bagi Anda untuk menggeledah komputer.

  1. Komplain dari pembeli

Semua usaha mendapatkan ini dari para pelanggannya dan memang tak ada yang salah dengan ini. Hanya saja, hadapi dengan bijaksana dan jangan ikut terbawa emosi.

  1. Resiko mendapatkan barang curian

Setiap hari terjadi pencurian barang-barang seperti laptop dan komputer. Jika Anda tak hati-hati dalam menyeleksi barang jualan Anda, bisa-bisa Anda tak sengaja menjadi penadah tersebut.

  1. Pengembalian barang

Karena komputer bekas biasanya juga paling rewel dibandingkan dengan perangkat lain, maka bisa jadi pembeli yang sudah membeli dari Anda mengembalikannya dan meminta uang mereka kembali.

Jika Anda lakukan dengan benar, maka bisnis jual beli komputer bekas ini bisa berjalan dengan cukup lancar tanpa Anda harus mengalami keempat rintangan yang ada di atas. Lagipula, Anda harus membeli dengan harga yang lebih rendah dulu, dan baru menjualnya dengan harga sedikit lebih besar. Anda juga harus ingat untuk selalu berevolusi dan melakukan evolusi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s